>
Selamat Datang Di blog Personal SilvaallakadarNya . . .

Jumat, 10 Februari 2012

BlueScreen Saat Menginstall OS Windows


BlueScreen pada dasarnya itu adalah ketidak Sinkron-an antara Hardware dan Software yang di pasang. Kebanyakan orang sering ngalamin BlueScreen ini, mungkin salah satu dari om2 juga pernah ngalamin. Penyebab Penyebab BlueScreen itu yang saya tau.



1. OS ga bisa mengenali hardware tertentu.
Dari berbagai pengalaman saya, masalah yang paling sering ditemuin adalah OS ga mengenali port HDD SATA yang ada di dalam PC. Solusinya adalah dengan memasang driver SATA HDD ke dalam CD/DVD installer OS yang dipakai. Satu lagi saran saya, ketika lagi install ulang jangan pasang macem2 Hardware, gunakan saja Hardware2 yang penting untuk install ulang.

2. Kerusakan Hardware
Kerusakan hardware (kayak VGA, HDD, RAM/Memory) bisa menjadi penyebab utama BlueScreen saat install ulang. Hardware yang paling sering error menurut pengalaman saya adalah Memory, DVDROM,MainBoard. Solusinya coba ganti hardware tersebut dengan hardware lain punya temen om yang masih bisa.

3. Masalah yang ga keduga, Kabel ATA/SATA.
saya pernah waktu nginstal nemuin yang kayak gini. Waktu itu pernah ada PC jadul dah lama ga dipake. Lalu saya coba install ulang dan error. setelah copot sana copot sini, ternyata masalahnya di kabel ATA/SATA. Setelah diganti, baru dah PC bisa di install ulang.

4. Processor Korup. (Hal-hal yang korup memang membahayakan ya)
Saya sudah menemui kejadian ini beberapa kali dalam masa jabatan saya sebagai teknisi (Teknisi dari Hongkong, kenal komputer aja baru kemaren sore). Ternyata biang keladinya muncul BlueScreen itu Processor. hanya gara gara satu jarum aja yang bengkok atau patah itu menyebabkan muncul BlueScreen. Kadag beberapa orang yang sok tau dan nyoba2 bersihin Processor tapi belum tau tingkat sensitifnya jarum  Processor tersebut. solusinya ya beli Processor lagi.

5. Masalah yang mungkin sepele.
CD sudah tergores bisa menyebabkan BlueScreen, coba ganti dengan CD yang masih mulus dan ramping.


Ok deh temen2, cukup sekian dlu ya coretan saya,, 

Label

Pengikut

Blog Archive